Meraup Dollar dengan MTURK

Posted by ngendhog



Mturk sebenarnya secara historis merupakan penemuan yang gagal. Silakan cari sejarah mturk di internet atau wikipedia.org. Namun MTURK yang ini berbeda, kepanjangan dari Mechanical Turk produk dari Amazon.com (perusahaan perantara jual beli yang paling terkenal di internet). Di sini terdapat beberapa anggota amazon yang memberikan task atau pekerjaan bagi anggota amazon lain yang mau mengerjakannya. Para pemberi tugasnya bisa perorangan sampai perusahaan terkemuka. Tugasnya mulai dari copy paste link di internet, sampai mengerjakan test ataupun survey. Uang yang diberikan sekitar 1 sen US sampai lebih dari 10 US$. Waktu penyelesaiannya pun dari setengah menit sampai beberapa jam. Bahkan bila anda orang US, bisa mendapatkan US$ 30 untuk tiap tugas. Tetapi untuk syarat – syarat tertentu berlaku.
Jika anda pemberi tugas, anda berperan sebagai requester. Jika sebagai pekerja, anda berperan sebagai worker. Untuk mengerjakan tugas, cukup anda mencari pada bagian HITs (Human Intelligence Tasks).

Nah, yang paling seru adalah bagian worker, karena sebagai worker, anda akan menghasilkan uang. Cari bagian yang paling cocok dengan kesukaan anda.Kerjakan pekerjaan yang anda pilih bagian HITs, lalu accept HITs, kerjakan (ingat perhatikan batas waktu penyelesaian). Setelah selesai, submit HITs. Tinggal anda menunggu pekerjaan anda di approve oleh requester atau tidak. Hal ini akan memakan beberapa waktu sampai beberapa hari. Jika di approve maka anda akan tinggal untuk menunggu dibayar.

Hasil perolehan uang dikumpulkan dalam bentuk simpanan rekening amazon.com. Minimum untuk melakukan cash out adalah jika sudah terkumpul sebesar US$ 10. Bisa di withdraw ke rekening di bank, tapi hanya khusus untuk penduduk Amerika Serikat dan India. Apakah selain orang AS dan India tidak boleh mengikuti ini? Boleh saja. Akan tetapi, cash out nya dalam bentuk lain, yaitu amazon gift card. Dengan amazon gift card, anda bisa beli produk yang ada di amazon.com atau anda bisa jual itu gift card.

Hal yang perlu diperhatikan :
Anda tidak akan bisa mengerjakan tugas dengan sembarangan, karena requester tetap memeriksa pekerjaan anda. Jika requester tidak suka dengan pekerjaan anda, ya ditolak hasil kerja anda. Penolakan terhadap hasil kerja anda akan menurunkan kualitas anda sebagai worker, terlihat dalam approval rate. Karena ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan prosentase approval tertentu.
Kadang pula pekerjaan yang kita kerjakan pun tidak direspon oleh requester. Pekerjaan anda berarti masuk ke kategori abandoned.
Tips untuk mendapatkan dollar di mturk :
1. Cari dengan bayaran termahal dulu (beri batasan minimal $ 1), lalu urutkan dari $ 1 sampai yang paling mahal.
2. Jika tak ada yang bisa anda kerjakan, ubah batasannya menjadi minimal $ 0.5. urutkan dari bawah. Jika tidak ada yang sesuai dengan keinginan anda, ubah lagi batasannya.
3. Bila sudah langsung ketemu yang sesuai dengan keinginan anda, langsung accept HIT, kerjakan dengan segera, jangan sampai keduluan yang lain. Jika keduluan yang lain, HIT tersebut akan hilang. Jangan bekerja asal – asalan, karena bisa di reject hasil anda.
4. Untuk awalnya kerjakan yang paling mudah dulu, bernilai $ 0.01 karena untuk pekerjaan yang agak mahal, membutuhkan minimal approved HIT.

Setidaknya sekalian bantu orang menyelesaikan pekerjaan mereka plus dapat dollar.
Jika ada pertanyaan lain, silakan di post ke sini komentar anda.

5 comments:

  1. xhijack said...

    apa situs nya bro?

  2. richskrenta said...

    sama aja boong mas .. lah wong ga bisa di WD ke akun PP nya

  3. ngendhog said...

    kan saya udah bilang, dibayar pake amazon gift card.

  4. esta said...

    saya sudah buktikan, telaten ngumpulin balamca hingga bisa dapat barang2 amazon, antara lain jam tangan polo, jam tangan armitron dan jarum cutting stiker

  5. heny said...

    saya sudah coba daftar tapi ditolak. apa bisa selain orang US daftar ?

Post a Comment